Home Top Ad

Responsive Ads Here

Fitur-fitur Keren Google Map

Anda pasti sudah tahu Google Map kan?
Ya...aplikasi berbasis data spasial yang dilengkapi dengan berbagai fitur analisis spasial yang sangat menarik dan banyak digunakan orang.
Ternyata selain memberikan informasi lokasi, Google Map memiliki fitur-fitur keren yang layak diketahui untuk kita manfaatkan. Simak uraian berikut ini, Google Map di telepon pintar:


1. Nge-Tag lokasi parkir
Parkir mobil di lautan mobil seperti di parkiran bandara, di pusat perbelanjaan atau sejenisnya tentu menuntut kita untuk mengingat-ingatnya agar nanti pada waktu selesai urusan dapat menemukan mobil Anda secara cepat. Maklum kan banyak mobil memiliki kemiripan, kecuali plat nomernya saja yang beda. Nah Google Map menyediakan fitur mengingat lokasi parkir mobil Anda.
Pada jendela aplikasi Google Map, ketuk (tap) dimbol bulatan biru yang menunjukkan lokasi (hp) saat ini. Kemudian akan muncul menu seperti gambar di samping. Pilih menu [Save your parking]. Ta ra.... lokasi mobil sudah di simpan. Nanti ketika sudah selesai urusan, lokasi ini dapat dilihat lagi untuk memandu menuju ke lokasi. Keterangan lainnya dapat ditambahkan saat menyimpan lokasi parkir tersebut.

2. Simpan peta sehingga masih dapat membukanya walau sedang offline
Tidak selamanya Anda akan berada di lokasi yang ada sinyal seluler apalagi WiFI. Pada saat kondisi seperti ini aplikasi Google Map tidak dapat menampilkan data peta. Sebagai solusinya, donload dulu data Peta Google k dalam media penyimpanan telepon pintar.
Pada jendela aplikasi Google Map, ketuk menu di kiri atas, kemudian pilih [Offline maps]. setelah beberapa saat akan muncul tampilan dialog, ketuk [SELECT YOUR OWN MAP] untuk memilih wilayah peta yang akan disimpan. Gunakan zoom in/out untuk memperbesar/memperkecil area dan geser untuk memposisikan di wilayah yang tepat. Ketuk [DOWNLOAD] maka proses penyimpanan akan dimulai.

3. Perbesar/Perkecil dengan satu jari
Mengoperasikan Google Map dengan dua jari memang nyaman ketika dua tangan bisa melakukannya. Bagaimana jika hanya satu tangan yang bisa digunakan?
Dengen satu jari pun Anda bisa mengoperasikan Google Map dengan nyaman. Caranya? Simak berikut:
  • Geser/Pan: Sentuhkan ujung jari ke layar Google Map kemudian geser ke wilayah yang diingikan
  • Perbesar/Perkecil: Ketuk (tap) dua kali pada layar Google Map, (Perhatikan: Pada ketukan ke dua ujung jari jangan dilepas dari layar Google Map). Perbesar dengan menggeser ujung jari ke bawah dan perkecil dengan menggeser ujung jari ke atas.
4. Mengukur Jarak
Ternyata Google Map juga memberikan layanan ukur jarak dari satu titik lokasi ke lokasi lainnya. Fitur ini memiliki pilihan untuk mengukur jarak antara dua titik baik melalui garis lurus atau berliku-liku. Contoh mengukur jarak dari Islamic Center, Mataram, NTB ke Pantai Ampenan sebagai berikut:
  1. Ketuk (tap) lokasi di sekitar Islamic Center
  2. Ketuk (tap) [MORE INFO] di kiri bawah layar Google Map
  3. Ketuk (tap) [Measure distance]
  4. Geser peta menuju lokasi yang akan diukur jaraknya dari titik awal (#1). Hasil menunjukkan jarak 2.3 mi (mil). Untuk mengubah menjadi satuan kilometer, buka utama Google Map, ketuk/tap [Setting] > [Distance units]. Pilih Kilometers.

5. Jejak Lokasi
Mungkin sebagian kita tidak sadar bahwa ketika menggunakan Google Map dengan login salah satu akun Gmail, Google merekam posisi Anda dan menyimpannya. Fitur ini mungkin keren mungkin juga mengganggu privasi Anda. Jadi cek apakah jejak lokasi yang pernah Anda kunjungi tersimpan atau Anda tidak menginginkannya tersimpan. Untuk mengecek jejak lokasi Anda, pada layar Google Map, ketuk (tap) menu [Your Timeline]. Jika ingin menghapusnya, buka menu di sebelah kanan atas kemudian ketuk (tap) menu [Settings] > [Location History is on] bikin jadi off.

6. Berbagi Lokasi
Tak lama setelah Google Map meluncurkan program Pemandu Lokal (Local Guide), Google Map meluncurkan fitur berbagi lokasi [Location sharing]. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk memandu dan memantau seorang teman atau lebih di suatu lokasi yang belum dikenal. Fitur ini juga dapat digunakan untuk saling tahu dan memantau lokasi anggota tim yang terpencar-pencar dan bergerak menuju suatu lokasi tertentu. Syarat untuk dapat berbagi lokasi, masing-masing anggota harus memberikan izin berbagi. Anggota/pengguna memiliki kontrol penuh untuk memberikan/tidak memberikan akses lokasi. Lama waktu berbagi mulai dari 15 menit hingga waktu yang dapat ditentukan oleh pengguna. Fitur berbagi lokasi dapat dibagi melalui jejering media sosial. 
Fitur-fitur Keren Google Map Fitur-fitur Keren Google Map Reviewed by Admin on March 13, 2018 Rating: 5

No comments