Home Top Ad

Responsive Ads Here

Contoh Analisis Spasial yang Sering Digunakan

Data spasial memiliki keunikan tersendiri dibanding data lain pada umumnya. Data spasial menggabungkan dua entitas data sekaligus, yaitu informasi deskripsi obyek dan informasi spasial obyek tersebut. Kedua entitas ini saling terkait satu sama lain. Keunikan inilah yang mendasari berbagai analisis spasial (spatial analysis) yang dapat dilakukan.

Contoh analisis spasial yang saat ini digunakan banyak orang dan dapat diperoleh dengan cuma-cuma adalah analisis rute perjalanan menggunakan Google Map [bacaFitur-fitur Keren Google Map]. Misal seseorang mau melakukan perjalanan dari Medan, Sumatera Utara ke Jakarta melalui jalan darat menggunakan mobil, tentu dia membutuhkan panduan jalan mana yang harus dilalui, paling cepat dan nyaman. Kriteria lainnya dapat ditambahkan jika diinginkan, seperti singgah melalui Kota Padang. Google Map, dalam hitungan detik, dapat menyajikan rute perjalanan yang dapat ditempuh lengkap dengan jarak tempuh yang harus dilalui dan estimasi waktu tempuhnya. Daftar jalan yang harus dilalui juga dapat dicetak untuk panduan selama perjalanan. Bila menggunakan telepon genggam pintar (smartphone) panduan dapat berupa peta aktif dan didukung oleh suara panduan dalam berbagai bahasa pilihan.   .....seratus meter lagi belok kanan adalah salah satu contoh suara panduan yang terdengar ketika mobil melaju mengikuti rute dan akan segera melakukan belok kanan.


Analisis spasial secara sederhana dapat dikatagorikan menjadi empat jenis, yaitu:


    1. 1. Pengukuran (measurement), mengetahui jarak fisik, panjang, luas, pola, panjang keliling, dan sejenisnya. 
    2. Perkiraan (proximal), mengetahui relasi antar obyek; dekat, jauh, jarak absolut, jarak relatif dan sejenisnya.
    3. Topologikal (topological), mengetahui perbandingan antar obyek; identik bentuknya, ukurannya, lokasi yang sama, kanan-kiri, atas, bawah, di dalam, di luar, beririsan, bertetangga, dan sejenisnya.
    4. Berhubungan dengan arah (directional), mengetahui arah relatif maupun absolut; utara, selatan, timur, barat, 10 derajat arah timur, dan sejenisnya.
    Contoh Analisis Spasial yang Sering Digunakan Contoh Analisis Spasial yang Sering Digunakan Reviewed by Admin on March 05, 2018 Rating: 5

    No comments