Home Top Ad

Responsive Ads Here

Belajar Menggunakan Kompas

KOMPAS (Compass) adalah peralatan navigasi dan penunjuk arah relatif terhadap arah mata angin di permukaan Bumi. Arah kompas umumnya ditunjukkan oleh jarum kompas terhadap arah Utara, Selatan, Timur, dan Barat. Saat digunakan jarum kompas dipaskan pada arah tertentu. Arah kompas bernilai antara 0 hingga 360 membentuk satu lingkaran penuh. Nilai 0 biasanya berarti Utara, 90 berarti Timur, 180 berarti Selatan, dan 270  berarti Barat.


Penggunaan Kompas cukup mudah. Untuk mengetahui arah cukup posisikan kompas secara mendatar, kemudian jarum kompas otomatis akan bergerak menyesuaikan hingga diperoleh kestabilan. Jarum kompas yang sudah stabil (diam tidak bergerak) menunjukkan arah Utara dan Selatan. Jarum Kompas yang menunjukkan arah Utara biasanya ditandai dengan warna merah atau hitam. Untuk menentukan/memandu arah (yang benar) perjalanan yang dilakukan (berpindah dari satu titik ke titik lainnya) 

Dewasa ini jenis kompas tersedia beraneka ragam. Ada jenis konvensional hingga digital. Kompas konvensional bekerja memanfaatkan medan magnet Bumi, Utara Selatan. Sedangkan Kompas digital memanfaatkan teknologi Global Positioning System (GPS).
Belajar Menggunakan Kompas Belajar Menggunakan Kompas Reviewed by Admin on March 15, 2018 Rating: 5

No comments