Home Top Ad

Responsive Ads Here

5 Alasan Harus Belajar Membaca Peta

Orang menggunakan mikroskop untuk memperbesar ukuran obyek agar dapat diamati dan diteliti. Bagaimana dengan obyek yang sangat besar yang tidak dapat dilihat apalagi diteliti?

Ya, Peta jawabannya.


Peta adalah gambaran obyek di permukaan Bumi dalam bentuk simbol-simbol dengan ukuran yang diskalakan. Dengan Peta tersebut obyek permukaan Bumi yang sangat besar (lebih dari ukuran manusia) dapat diamati dan diteliti. Jadi ini adalah alasan pentingnya Peta, yaitu untuk memudahkan dalam mengamati daneneliti obyek (di permukaan Bumi) yang ukurannya sangat besar. 

Disamping alasan tersebut, pentingnya membaca Peta dalam kehidupan sehari-hari adalah:
  1. Untuk melatih berpikir spasial. Posisi diri kita dimana, relatif terhadap obyek lain seperti apa, jarak dan arahnya berapa dan seterusnya.
  2. Untuk  membantu menganalisis keruangan (spatial analysis) walau sederhana, seperti rute terbaik untuk perjalanan dari suatu Kota A ke kota lainnya, atau mencari alternatif rute jika rute utama tidak dapat dilalui.
  3. Untuk membantu menentukan lokasi paling strategis, dalam menentukan lokasi rumah, lokasi toko, lokasi sekolah, lokasi-lokasi kepentingan lainnya.
  4. Untuk membuat model pengembangan wilayah di Masa depan. Misalnya lokasi ibu kota baru akan seperti apa dapat digambarkan terlebih dahulu dengan Peta.

5 Alasan Harus Belajar Membaca Peta 5 Alasan Harus Belajar Membaca Peta Reviewed by Admin on October 28, 2019 Rating: 5

No comments